Friday, March 15, 2013

Cara Menampilkan garis Mistar di Microsoft Word 2007

Cara Menampilkan garis Mistar atau Ruler Microsoft di Word 2007. Pengenalan sedikit tentang microsoft word. Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word.

Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Garis mistar yang berfungsi untuk mengatur ukuran kertas yang akan digunakan untuk di print. Dan juga jarak kiri-kanan halaman microsoft Word 2007. Garis ini juga berfungsi sebagai jalan pintas atau jalan cepat menuju pengaturan kertas yang akan digunakan. Biasanya microsoft office yang baru saja diinstal, tidak menampilkan garis mistar bantu diatas halaman word.

Atau ketika kita sedang berkunjung kewarnet yang microsoft office nya tidak diatur untuk menampilkan garis bantu di word 2007. Agar tidak bingung lagi, bertanya sana-sini dengan orang, cara menampilkan garis bantu mistar di microsoft office word 2007. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

1. Buka microsoft office word kamu.

cara menampilkan garis mistar di Microsoft Word 2007
2. Pada halaman atas word Klik View.
3. Selanjutnya, Conteng Kotak Ruler. Maka garis bantu mistar akan tampil di atas halaman word kamu.
cara Menampilkan garis Mistar di microsoft word 2007

4. Selesai. Untuk cara mengubah satuan inchi ke sentimeter. Silakan baca artikel selanjutnya, yang berhubungan dengan microsfot word 2007. atau juga baca artikel-artikel microsoft excel, jika ingin belajar menggunakan rumus perhitungan dan lain-lainnya di microsoft excel 2007.Semoga Bermanfaat.

Cara Mengubah Inchi ke centimeter di Microsoft Word 2007

Cara Merubah Inchi ke Centimeter di Microsoft Word 2007. Pengenalan sedikit tentang microsoft word. Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word.

Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Dengan mengubah inchi ke centimeter, maka akan memudahkan kita untuk mengatur kiri-kanan dari tampilan microsoft word, juga sebagai jalan pintas, untuk mengatur ukuran kertas yang akan kita pakai untuk di print. Sehingga memudahkan kita menulis menggunakan microsoft word.

Microsoft word yang baru saja diinstal biasanya masih kosong, belum ada tampilan garis bantu diatas kertas. Kalau ada juga pasti ukurannya dalam satuan inchi. Satuan inchi sedikit susah untuk mengaturnya, karena kita tidak mengetahui berapa ukuran yang baik untuk mencetak suatu document. Untuk mengubahnya menjadi inchi. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Open Ms. Word > Klik Kanan Di Toolbar > dan Pilih Costumize Quick Access Toolbar
 Cara Mengubah Inchi ke centimeter di Microsoft Word 2007
  • Selanjutnya klik Advanced > Cari Tulisan Display > Ganti Inches jadi Centimeter.Dan klik Ok.
Cara Mengubah Inchi ke centimeter di Microsoft Word 2007 
  • Sekarang coba dilihat tampilan word kamu, dan lihat satuan dari garis bantu yang berada diatas halaman word, sudah menjadi Centimeter. Silakan atur ukurannya sesuai dengan yang kalian inginkan.Selesai. Semoga Bermanfaat.

Thursday, March 14, 2013

Cara Membuat Garis Kotak Putus-putus di Microsoft Word 2007

Cara Buat Garis Kotak Putus-putus di Ms. Word 2007. Pengenalan sedikit tentang microsoft word. Microsoft Word atau Microsoft Office Word adalah perangkat lunak pengolah kata (word processor) andalan Microsoft. Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Microsoft_Word.

Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama Multi-Tool Word untuk Xenix, versi-versi lain kemudian dikembangkan untuk berbagai sistem operasi, misalnya DOS (1983), Apple Macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2, dan Microsoft Windows (1989). Setelah menjadi bagian dari Microsoft Office System 2003 dan 2007 diberi nama Microsoft Office Word.

Garis bantu pada saat menulis, yang letaknya berada di kiri, kanan, atas dan bawah microsoft word.  Dengan bentuk dotted atau garis-garis border. Pada saat pertama kali instal microsoft word, maka tampilan word kosong, hanya ada kertas tampilan sebagai tempat menulis.

Kadang sedikit menyulitkan kita pada saat menulis, dan mengatur paragraf tulisan.Cara menampilkan garis bantunya di microsoft word. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Tampilan Awal Ms.Word dasar
Cara Membuat Garis Kotak Putus-putus di Microsoft Word 2007
  • Pertama Klik Kanan di Tab atas lalu pilih Customize Quick Access Toolbar
Cara Membuat Garis Kotak Putus-putus di Microsoft Word 2007
  • Selanjutnya Pilih Advanced dan Cari tulisan Show text boindaries dan Show crop marks. Lalu Centang Keduanya seperti gambar dibawah ini.Dan klik Ok.
Cara Membuat Garis Kotak Putus-putus di Microsoft Word 2007
  • Tampilan Ms.Word setelah diubah. Selesai.
Cara Membuat Garis Kotak Putus-putus di Microsoft Word 2007 
  • Garis bantu border sudah tampil. Semoga Bermanfaat.

Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal di Excel

Cara Membuat Konversi Bilangan Decimal, Biner, Oktal, Hexadesimal di Microsoft Excel 2007. Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet(Lembar Kerja Elektronik. Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.

Dengan menggunakan microsoft excel 2007, kita bisa mengubah koneversi bilangan dari Desimal menjadi Biner, Oktal, dan Hexadesimal. Dan juga Sebaliknya. Biner kita ubah menjadi desimal, atau oktal kita jadikan menjadi Biner. Dan lain-lainnya. Untuk lebih jelasnya. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Heksadesimal di Excel

Ikuti langkah-langkah dibawah ini.
  • Buka Microsoft Excel 2007.
  • Dan Buat Tabel Konversi seperti gambar dibawah ini. Dan Masukan angka yang mau di Konversi Dikotak A2. Kotak A2 tidak perlu diberi rumus. isi saja angka yang akan dikonversi ke bentuk bilangan lain. A2 adalh kotak angka desimal yang akan kita ubah menjadi bilangan Hexadesimal, Biner Dan Oktal.
Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Hexadesimal di Excel
  • Masukan Rumus ini di kolom B2 =DEC2HEX(A2) .
  • Rumus Lengkapnya Seperti ini.
  1. Untuk Desimal ke Hexadesimal =DEC2HEX (di Kotak B2) 
  2. Desimal ke Biner =DEC2BIN (di Kotak C2) 
  3. Desimal ke Oktal =DEC2OCT (di Kotak D2)
  • Inti dari rumus ini adalah Desimal(DEC), Biner(BIN), Oktal(OCT), Hexadesimal(HEX). Ditambah ditengahnya angka 2 yang berarti untuk dikonversi(diubah)
  • Contoh: Kita mau konversi Biner ke Oktal. Jadi Rumus yang kita tulis adalah. =BIN2OCT. Contoh gambar dari semua Konversi.
Cara Konversi Bilangan Desimal, Biner, Oktal, Hexadesimal di Excel
  • Selamat Mencoba dan Semoga Bermanfaat.

Cara membuat nomor urut di Microsoft excel 2007

Cara Membuat nomor urut di Microsoft excel 2007. Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet(Lembar Kerja Elektronik. Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.

Nomor urut biasanya digunakan untuk daftar nama absen sekolah, atau daftar nama pekerja dikantor dan lain-lainnya. Nomor urut berguna untuk menempatkan atau mengurutkan nama sesuai abjad, nilai, atau sesuai dengan kode barang.

Dengan adanya nomor urut maka akan memudahkan kita untuk mengetahui jumlah orang atau barang yang akan dihitung. Sesuai dengan fungsi nomor urut yang akan kita gunakan. Dan untuk cara membuat nomor urut di microsoft excel 2007. Ikuti Langkah-langkahnya dibawah ini.

Cara membuat nomor urut di Microsoft excel 2007

cara membuat nomor urut di Microsoft excel 2007

  1. Ketik angka 1 dan 2 seperti diatas
  2. Blok ke 2 angka tersebut, Caranya klik kotak A1 tarik Ke A2 lalu Lepas
  3. Selanjutnya Tarik Tepat di kotak hitam kecil yang Bertanda panah hitam tersebut ke bawah sampai 10 atau sampai berapa saja yang kita suka.Selesai.
  4. Cara ini bisa juga kita gunakan ke kanan kotak, Nomer berkelang zig-zag. Lihat gambar dibawah ini.
cara membuat nomor urut di Microsoft excel 2007
Gambar diatas adalah contoh kombinasi penggunaan nomor urut atau angka. Silahkan dicoba sendiri dan Semoga Bermanfaat.

Wednesday, March 13, 2013

Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

Cara membuat penjumlahan mata uang Rupiah di microsoft excel 2007. Pengenalan sedikit tentang microsoft excel. Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet(Lembar Kerja Elektronik. Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.

Disini kita akan belajar menjumlahkan uang ke dalam mata uang rupiah dan juga mata uang lainnya. Yang harus diketahui terlebih dahulu adalah dasar-dasar perhitungan excel dari tambah, kurang, bagi dan kali. Setelah mengetahui dasar perhitungan excel, baru lah kita bisa belajar menjumlahkan dalam bentuk mata uang rupiah dan mata uang lainnya. Untuk lebih jelasnya, Ikuti langkah-langkah gambar dibawah ini.

Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

1. Buatlah tulisan seperti gambar diatas. Lalu klik satu kotak dan tarik sampai beberapa kotak.
2. Selanjutnya, Klik General Dibagian atas Toolbar Excel kita
3. Dan Klik More Number Formats... Maka akan muncul kotak seperti dibawah ini.
Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007
4. Pilih General > Accounting
5. Cari simbol mata uang Rupiah(Rp)
6. Selanjutnya Decimal Places
  • Decimal Places maksudnya adalah kita menentukan jumlah 0 dibelakang angka, jika pilih 3 maka pada saat kita masukan angka 1 di kotak excel maka akan menjadi 1000, jika 2 maka akan menjadi 100. contoh gambar.
Cara Menuliskan Mata Uang Rupiah Secara otomatis di Excel 2007

7. Jika kita tentukan Jumlah 0 dibelakang angka sebanyak 3. Ketika menuliskan angka 1 maka 1=Rp.1,000 dan 0,5=Rp.0,500 dan 1,5=Rp.1,500

8. Rumus Penjumlahan kebawah dalam bentuk banyak adalah =SUM(I4:I10). Bagi yang belum mengerti dasar penjumlahan, silahkan baca cara belajar dasar microsoft excel. Itulah cara membuat penjumlahan uang rupiah di microsoft excel 2007, Semoga Bermanfaat.

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel. Microsoft excel atau microsoft office excel adalah sebuah program aplikasi lembar kerja spreadsheet(Lembar Kerja Elektronik. Aplikasi ini menampilkan lembaran tabel yang dibuat dan didistribusikan oleh Microsoft Corporation untuk sistem operasi Windows dan Mac OS. Cara menggunakannya pun mudah sehingga Microsoft Excel menjadi salah satu program komputer yang populer digunakan oleh pengguna komputer sampai saat ini.

Hal- hal yang harus kita pelajari dari Microsoft Excel adalah dasar-dasarnya terlebih dahulu. Dan hal yang pertama adalah mengenal rumus-rumus yang digunakan di microsoft excel 2007. Berikut ini adalah rumus sederhana tentang cara menggunakan fungsi penambahan, pengurangan, kali dan bagi. Cara ini juga bisa digunakan di microsoft office Excel 2003. Untuk lebih jelasnya. Ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel

  • Buka Microsoft Excel. Start > All Programs > Microsoft Office > Microsoft Office Excel. 
  • Ikuti langkah-langkah dibawah ini. Biar lebih mudah disamakan saja.
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
  • Pertama kita buat Rumus Tambah. klik kotak 6B dan tulis rumus =SUM(3B+4B) di Fx lalu Enter
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
  • Rumus =SUM(3B+4B) itu maksudnya Colom No 3 Row B ditambah Dengan Colom No 4 Row B. 6B itu Kotak Hasil 1+ 5 = 6 . Hasil bisa kita tempatkan dikotak mana saja, asal kotaknya masih kosong belum ada rumusnya.
  • Untuk Rumus kurang, klik Kotak 6C. 
  1. Masukan Rumus Kurang di Fx=SUM(3C-4C)
  2. Rumus Bagi di Kotak 6D =SUM(3D/4D)
  3. Rumus Kali di Kotak 6E =SUM(3E*4E)
  • Maka Hasil keseluruhan akan seperti gambar dibawah ini.
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel

  • Jika pada saat Enter Rumus ada Tulisan Seperi dibawah ini. Klik ok, tulisan itu keluar karena rumus yang digunakan adalah rumus manual yang berbeda dengan rumus asal dari excel tapi fungsinya sama untuk +X-:
Belajar Dasar-Dasar Microsoft Excel
    Itulah sedikit cara tentang belajar dasar-dasar microsoft excel 2007. Untuk Microsoft Excel selanjutnya akan saya sambung berikutnya. Semoga Bermanfaat.